Senin, 26 November 2012

Motivasi Belajar Fisika



Sebelum sampai dipertanyaan mengapa fisika sulit, kebanyakan siswa SMP, SMA jika ditanya pelajaran apa yang paling sulit di sekolah, jawaban secara spontan kebanyakan siswa adalah fisika. Selama ini bagi kebanyakan siswa di kalangan sekolah, pelajaran fisika dianggap sebagai hantu yang menakutkan, serta merupakan pelajaran yang membosankan dan tidak menarik karena didalamnya berisi rumus-rumus yang dirasa sulit. Kurang minatnya siswa terhadap salah satu cabang ilmu pengetahuan ini dikarenakan pandangan turun temurun dari jaman dahulu yang menganggap fisika sebagai potret yang sulit. 



Pemikiran yang sudah merakyat ini seolah sudah membudaya dan tertanam dalam pikiran siswa, sehingga mereka tersugesti dengan pemikiran bahwa fisika tidak menarik dan sangat sulit. Beberapa menganggap bahwa rumus-rumus itu tidak ada gunanya, menghitung dan membuktikan rumus, memasukkan angka dalam persamaan, hal semacam itu dirasa sangat tidak aplikatif dalam kehidupan sehari-hari, bahkan terkadang siswa tidak menghubungkan dengan keadaan sebenarnya, sehingga menganggap bahwa ilmu fisika yang dipelajari hanyalah omong kosong dan tidak berguna dalam kehidupan nyata.
Tidak bisa dipungkiri bahwa pelajaran fisika adalah salah satu pelajaran yang paling dihindari di sekolah. Keadaan ini sungguh ironis mengingat ilmu fisika adalah salah satu ilmu yang harus dikuasai bagi mereka yang ingin kuliah di perguruan tinggi dalam bidang eksakta (bidang MIPA, Kedokteran, teknik, ilmu computer, dll).
Sekarang, coba kita tengok buku pelajaran fisika yang dipakai oleh anak SMP, SMA sebagai sarana memahami pelajaran fisika. Apabila kita terkagum-kagum dengan penampilan buku itu jangan kaget kalau Anda tidak akan mampu berlama-lama membaca buku fisika itu karena susahnya dan tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan kehidupan sehari-hari.
Fisika akan terasa lebih menarik dan mengalami perbaikan pandangan ketika sejak dini siswa dikenalkan ilmu fisika secara baik dan benar, langsung mengarah dan menuju pada implikasi serta aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pandangan fisika sejak dini menjadi pengaruh penting untuk keberlangsungan mempelajari fisika ke depannya agar tidak muncul pemikiran bahwa fisika adalah pelajaran yang sulit serta tidak ada gunanya karena tidak aplikatif.
Solusi yang ditawarkan penulis melalui essay ini adalah dengan membuat simulasi kejadian kehidupan sehari-hari dalam bentuk animasi yang dapat diterima dengan mudah oleh siswa. Cara tersebut yakni dengan mengaplikasikan pembelajaran online, yaitu dengan mengemas pelajaran dalam bentuk animasi, seperti ketika berangkat ke sekolah dengan kecepatan sekian dan jarak tertentu mampu tiba di sekolah dengan waktu yang dapat diprediksi, pergerakan planet dan sistem tata surya, proses menguap, menyublim, membeku, kejadian ketika menggoreng kerupuk yang merupakan aplikasi dari hukum I Thermodinamika dan lain-lain. Masih banyak kejadian sehari-hari yang dapat dijelaskan melalui animasi dengan menggunakan aplikasi flash ataupun aplikasi yang lainnya. Penjelasan kejadian sehari-hari dengan menggunakan animasi ini menjadi salah satu cara agar siswa dapat belajar memahami fisika dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari secara mudah.
Metode yang diterapkan yaitu dengan menggunakan web yang dirancang khusus. Sistem pembelajaran yang digunakan dalam web tersebut berisi berbagai macam konten animasi kejadian fisika dan sekumpulan soal yang aplikatif serta terlihat nyata dalam kehidupan sehari-hari. Setiap animasi diberi penjelasan umum yang berkaitan dengan ilmu fisika. Jadi dalam web tersebut berisi kumpulan animasi dan soal-soal test yang nantinya terdapat pembahasan yang berisi penjelasan dan alasan-alasan kejadian tersebut.
Metode ini dipilih dengan pertimbangan memudahkan para siswa dalam belajar tanpa dibatasi waktu dan tempat karena dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Selain itu tanpa praktik nyata dengan menggunakan peralatan yang sesungguhnya, siswa dapat menyimulasikan dan mengerti kejadian tersebut, mengingat instrumen fisika merupakan alat yang cukup mahal dalam skala laboratorium, sehingga metode ini memudahkan siswa dalam belajar dan memperbaiki sudut pandang fisika sebagai pelajaran yang dianggap sulit dan menakutkan.

2 komentar:

  1. artikel yang sangat menarik karena menyangkut fakta pendidikan secara global bahwa fisika adalah elajaran yang sulit dan membosankan bagi kebanyakan siswa,, dan artikel ini jg inovatif dmn di dlm.x juga diberi upaya solusi pemecahan masalah dari fakta fisika yang terkesan sulit dan membosankan.. siip.. :)
    lanjutkan untuk fakta-fakta dlm dunia pendidikan lainnya yaa..

    BalasHapus
  2. alhamdulillah . ..tahun kemarin fisika bukan termasuk momok bagi siswa siswa

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel